Selasa, 10 Oktober 2017

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. Tugas Pengembangan Pembelajaran PPKn SD. Judul RPP Tematik Sekolah Dasar

Nama : Karimatul Ulya
NIM : 2015820079
Kelas : BSD - 5
Tugas : RPP Tematik kelas II SD
Dosen : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                : ______________________
Kelas / Semester                    : II / 1
Tema 1                                   : Hidup Rukun
Sub Tema 1                            : Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran Ke                  : 5
Alokasi Waktu                       : 1 x Pertemuan (5x35 Menit)


A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
PJOK
3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Bahasa Indonesia
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan disekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PJOK
3.2.1 Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana.
4.2.1 Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana.
Bahasa Indonesia
3.5.4  Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.3 Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
PPKn
3.3.3 Mennjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan mengamati gambar tentang berbagai gerakan aktivitas jasmani, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalambentuk permainan sederhana dengan teliti.
2.      Dengan “Permainan Sutradara”, siswa dapat melakukan gerakan variasi polagerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan percaya diri.
3.      Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
4.      Dengan membaca teks percakapan dan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri
5.      Dengan tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menyebutkan cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman dengan bahasa yang santun.
6.      Dengan penugasan dan diskusi, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percayadiri.
7.      Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Melakukan variasi berbagai gerakan aktivitas jasmani.
2.      Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun.
3.      Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.      Menyebutkan cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman.
5.    Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.

F.     PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode       : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit

Inti

§  Siswa mengamati gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani berupa gerakan non lokomotor berupa gerakan jalan di tempat, mengayunkan kaki, memutar lengan, menarik dan mendorong,meliukan badan seperti pohon ditiup angin, dan belalai gajah dengan teliti (mengamati).
§  Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
§  Siswa menjelaskan setiap gerakan yang adapada gambar yang diamati (mengomunikasikan).
§  Siswa memeragakan setiap gerakan berdasarkan gambar melalui “Permainan Sutradara” dengan teliti (mencoba).
§  Siswa mengamati percakapan Mutiara dan Udin (mengamati).
§  Siswa membaca teks percakapan yang telah diamati (mengamati).
§  Siswa melanjutkan membuat dua dialog lagi dari percakapan yang telah dibaca (menalar).
§  Siswa membacakan percakapan yang telah dibuat (mengomunikasikan).
§  Siswa bermain peran dengan memeragakan teks percakapan tentang permintaan maaf (mencoba).
§  Siswa menunjukkan peran permintaan maaf dari teks percakapan yang telah diperagakan (mengomunikasikan).
§  Siswa dibimbing membuat kartu tanya jawab dari karton. Kartu tersebut akan digunakan untuk menulis pertanyaan dan jawaban siswa dari kegiatan menanya yang akan dilakukan(mencoba).
§  Siswa menuliskan pertanyaan kepada teman tentang perbedaan pendapat pada kartu yang telah dibuat. (mengomunikasikan).
§  Siswa saling menukarkan kartu pertanyaan yang telah ditulis.
§  Siswa menulis jawaban dari pertanyaan yang terdapat pada kartu (mengomunikasikan).
§  Siswa menuliskan penyelesaian perbedaanpendapat dalam keluarga dari kegiatan bertanyayang telah dilakukan (menalar).
§  Siswa menyimpulkan teks percakapan bermain peran dengan menjawab beberapa pertanyaan (mengkomunikasikan).

150 Menit
Penutup

§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit


H.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
§  Gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani gerak nonloko-motor.
§  Teks bermain peran.Kartu tanya jawab.

I.    PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      Sikap

No.
Nama siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.













2.













3.













4.













5.













...













   






  



2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
Menjawab pertanyaan dari teks percakapan bermain peran
Jumlah Soal: 5Skor
maksimal: 100Skor
setiap jawaban: 20
3.   Ketrampilan
a. Menirukan berbagai gerakan non lokomotor berdasarkan permainan sutradara
Penilaian: observasi (pengamatan)
Lembar pengamatan menirukan berbagai gerakan nonlokomotor berdasarkan permainan sutradara
No.
Kriteria
Terlihat (v)
Belum Terlihat (v)
1.
Siswa mampu melakukan gerak jalan di tempat


2.
Siswa mampu melakukan gerak mengayunkan kaki


3.
Siswa mampu melakukan gerak memutar lengan


4.
Siswa melakukan gerak menarik dan mendorong tangan


5.
Siswa melakukan gerak meliukkan badan seperti pohon yang ditiup


6.
Siswa melakukan gerak belalai gajah




    Hasil pengamatan menirukan berbagai gerakan non lokomotor berdasarkanpermainan sutradara
No.
Nama siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.













2.













3.













4.













5.













...























   b. Bermain peran
   Penilaian: unjuk kerja
   Rubrik penilaian bermain peran
No.
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Ekspresi
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog
Monoton, tanpa ekspresi
2.
Lafal
Dialog dilafalkan dengan tepat dan jelas
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafalannya
Lebih dari 2 kata belum tepat pelafalannya
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya
3.
Intonasi
Intonasi sesuai dengan dialog secara konsisten
Intonasi sesuai dengan dialog namun kurang konsisten
Intonasi tidak sesuai dengan dialog
Tanpa intonasi
4.
Volume Suara
Volume suara keras dan jelas
Volume suara jelas
Volume suara kurang jelas
Suara sangat pelan dan tidak jelas

     c. Menulis pertanyaan pada kartu tanya jawab
   Penilaian: unjuk kerja
       Rubrik menulis pertanyaan pada kartu tanya jawab
No.
Kriteria
Baik sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbingan (1)
1.
Penggunaan huruf besar dan tanda baca
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat
Terdapat 1 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik
2.
Keefektifan dan kesesuaian kalimat tanya yang ditulis dengan tema
Kalimat tanya sudah efektif dan sesuai dengan tema
Kalimat tanya telah sesuai dengan tema, namun kurang efektif
Kalimat tanya kurang sesuai dengan tema dan kurang efektif
Kalimat tanya belum efektif dan tidak sesuai dengan tema

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi

.
Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                        Guru Kelas 2





( ___________________ )                                          ( ___________________ )
NIP ..................................                                          NIP ..................................









Tidak ada komentar:

Posting Komentar