Nama : Karimatul Ulya
NIM : 2015820079
Kelas : BSD Semester 5
Tugas :
Membuat Rancangan Pembelajaran Kurikulum Sesuai Permendikbud No. 22 Tahun
2016
Dosen : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) TEMATIK
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester
: 1 (satu)/ 1 (Satu)
Tema/Topik
: Keluargaku
Pertemuan
Ke- : 1
Alokasi Waktu
: 35 menit x 30 JP x 4 Minggu
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 :
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
1. Bahasa Indonesia
a.
Menuliskan cerita tentang keluarga
b.
Menceritakan perannya sebagai anggota keluarga
c.
Mengurutkan susunan anggota keluarga
2. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
a.
Menceritakan keragaman anggota keluarga
b.
Mengucapkan terima kasih
c.
Menceritakan kegiatan bersama keluarga dirumah
3. Matematika
a.
Menghitung anggota keluarga
b.
Menjumlahkan
bilangan
4. IPS
a.
menunjukkan sikap toleransi dalam keluarga
b.
menyebutkan sikap yang seharusnya dimiliki dalam keluarga
5. Seni Budaya dan Prakarya
a. Bernyanyi lagu anak
b. Menggambar dan mewarnai gambar anggota keluarga
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.
Siswa mampu menulis kata-kata sederhana
2.
Siswa mampu menulis kalimat sederhana
3.
Siswa mampu memahami makna kata dan kalimat yang di baca
4.
Siswa mampu membaca dengan lafal dan intonasi yang benar
5.
Siswa mampu membacakan percakapan
6.
Siswa mampu menuliskan cerita tentang keluarganya
7.
Siswa mampu mengurutkan cerita
8.
Siswa mampu menceritakan tentang anggota keluarga didepan kelas
9.
Siswa dapat menunjukkan sikap toleransi
10.
Siswa dapat mendeskripsikan keragaman yang terdapat di keluarga
11.
Siswa dapat memahami nilai tempat.
D. Karakter Siswa Yang Diharapkan
1.
Disiplin (Discipline)
2.
Tanggung
Jawab (Responsibility)
3.
Ketelitian (Carefullness)
4.
Kerjasama (Cooperation)
5.
Toleransi (Tolerance)
6.
Percaya Diri (Confidence)
7.
Keberanian (Bravery)
E. Materi Ajar (Materi Pokok)
1. Anggota Keluargaku
2. Jumlah Keluargaku
3. Sikap yang baik di dalam Keluargaku
4. Keragaman Keluargaku
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan
: Scientific
Strategi
: Cooperative Learning
Teknik
: Example Non Example
Metode
: Ceramah, diskusi, tanya jawab, inkuiri, demonstrasi, dan penugasan
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Mengajak semua siswa berdoa menurut agama da
keyakinan masing-masing (untuk mewakili kegiatan pembelajaran).
· Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
· Menginformasikan
tema yang akan di belajarkan yaitu tentang “Keluargaku”
|
10 Menit
|
Inti
|
· Menjiplak/menebalkan huruf atau kata.
· Menatap huruf atau kata.
· Menirukan/membaca nyaring kata atau kalimat.
· Tanya jawab makna kata/kalimat.
· Menyalin tulisan yang ada di
papan tulis.
· Guru membacakan percakapan mengenai keluargaku lalu siswa diminta untuk
menirukan percakapan.
· Melengkapi soal kalimat yang belum sempurna.
· Mengurutkan soal cerita dari sebuah gambar.
· Melalui penjelasan dan pengamatan, siswa dapat bercerita melalui gambar
anggota keluarga yang sudah disusun.
· Menyanyikan lagu “satu-satu aku sayang ibu” dengan perasaan dan percaya
diri.
· Bercerita mengenai kegiatan bersama keluarga dirumah
dengan penuh percaya diri didepan kelas secara bergiliran.
· Berhitung melalui gambar
keluargaku yang sudah ditempel.
· Melengkapi kalimat dengan kata yang sudah
disediakan secara acak.
· Melingkari kata yang tepat dari sebuah pertanyaan.
· Belajar menulis mengikuti/menjiplak titik-titik.
· Mengisi susunan kartu huruf
sesuai contoh.
· Menggambar
susunan keluarga secara sederhana, lalu dikumpulkan ke guru untuk dipajang di
kelas.
· Menyanyikan lagu sambil
mengenal huruf.
· Melengkapi kalimat yang
rumpang.
· Menghitung
gambar anggota keluarga dan menuliskan lambang bilangan sesuai banyak gambar.
· Membedakan/menunjukkan keragaman didalam keluarga dari beberapa pilihan
gambar.
· Menghitung dan menuliskan lambang bilangan dari gambar anggota keluarga.
· Melengkapi cerita dengan
menggunakan kata yang disediakan.
· Melakukan pengamatan dan mengelompokkan perilaku
yang baik dan tidak baik.
· Mewarnai gambar keluarga dan dapat mendeskripsikan
cerita tersebut di depan kelas.
· Membaca teks cerita.
· Memberikan pendapat dan berdiskusi bersama
teman-teman.
· Memahami dan mengerjakan nilai tempat dari
soal-soal.
|
35menit x 30 JP x 4 minggu
|
Penutup
|
· Bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
· Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi).
· Melakukan penilaian hasil
belajar.
· Pemberian PR/ Tugas.
· Mengajak semua siswa berdoa menurut Agama dan keyakinan masing-masing
untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
15 Menit
|
H. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan
Saintifik Kelas 1.
2. Diri Anak
3. Lingkungan
4. Media Gambar anggota keluarga dan keragaman didalam keluarga
I. Penilaian
1. lembar Pengamatan
No
|
Nama
|
Perkembangan *)
|
KET.
|
|||||||||||||||
Minggu I
|
Minggu II
|
Minggu III
|
Minggu IV
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
|||
1
|
Kaira
|
|||||||||||||||||
2
|
Aji
|
|||||||||||||||||
3
|
Hasna
|
|||||||||||||||||
4
|
Vina
|
|||||||||||||||||
5
|
Rhida
|
|||||||||||||||||
6
|
Dst
|
Catatan
: guru memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria sesuai
dengan kinerja siswa.
2. Lembar pengamatan Kegiatan Diskusi
No
|
Kriteria
|
Terlihat
(Ö)
|
Belum Terlihat (Ö)
|
1
|
Keaktifan siswa dalam berdiskusi
|
||
2
|
Kemampuan memberikan contoh-contoh aktivitas yang terkait
|
||
3
|
Kemampuan mengeluarkan pendapat
|
Mengetahui,
Jakarta,....................20.....
Kepala
Sekolah
Guru Kelas 1
SDN...........................
(..................................)
(...................................)
NIP.
NIP.
Terima kasih atas postinganya. Sukses selalu
BalasHapusTerimakasih ka, sangat membantu
BalasHapusTerimakasih @karimatululya atas artikelnya sangat membatu saya memahami RPP yg sesuai dengan permendikbud No. 22 Tahun 2016
BalasHapusSemoga artikelnya bermanfaat bagi yang lainnya juga, untuk lebih memahami bagaimana cara membuat RPP sebagai calon guru
Terimakasih atas artikel yg anda buat. Artikel ini sangat membantu saya dalam memahami pembuatan rencana pembelajaran. Semoga RPP ini bisa menjadi preferensi bagi guru-guru di Indonesia dalam pembuatan RPP 😊
BalasHapusHayy ulya terimaksih atas blogmu tentang rpp ini, sangat membantu
BalasHapus