Rabu, 18 Oktober 2017

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. Tugas Perencanaan Pembelajaran dan Pengembangan Pembelajaran PPKn SD. Judul Membuat Rancangan Pembelajaran Kurikulum Sesuai Permendikbud No. 22 Tahun 2016

Nama    : Karimatul Ulya
NIM      : 2015820079
Kelas    : BSD Semester 5
Tugas    : Membuat Rancangan Pembelajaran Kurikulum Sesuai Permendikbud No. 22 Tahun 2016
Dosen   : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) TEMATIK

Satuan Pendidikan      :
Kelas/Semester            : 1 (satu)/ 1 (Satu)
Tema/Topik                 : Keluargaku
Pertemuan Ke-            : 1
Alokasi Waktu            : 35 menit x 30 JP x 4 Minggu

A.      Kompetensi Inti
KI 1   : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2   : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan   percaya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3   : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan  Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar
1.         Bahasa Indonesia
a.      Menuliskan cerita tentang keluarga
b.      Menceritakan perannya sebagai anggota keluarga
c.       Mengurutkan susunan anggota keluarga

2.         Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
a.     Menceritakan keragaman anggota keluarga
b.    Mengucapkan terima kasih
c.     Menceritakan kegiatan bersama keluarga dirumah

3.      Matematika
a.     Menghitung anggota keluarga
b.     Menjumlahkan bilangan

4.    IPS
a.    menunjukkan sikap toleransi dalam keluarga
b.    menyebutkan sikap yang seharusnya dimiliki dalam keluarga

5.    Seni Budaya dan Prakarya
a.       Bernyanyi lagu anak
b.      Menggambar dan mewarnai gambar anggota keluarga

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.     Siswa mampu menulis kata-kata sederhana
2.     Siswa mampu menulis kalimat sederhana
3.     Siswa mampu memahami makna kata dan kalimat yang di baca
4.     Siswa mampu membaca dengan lafal dan intonasi yang benar
5.     Siswa mampu membacakan percakapan
6.     Siswa mampu menuliskan cerita tentang keluarganya
7.     Siswa mampu mengurutkan cerita
8.     Siswa mampu menceritakan tentang anggota keluarga didepan kelas
9.     Siswa dapat menunjukkan sikap toleransi
10.  Siswa dapat mendeskripsikan keragaman yang terdapat di keluarga
11.  Siswa dapat memahami nilai tempat.

D.      Karakter Siswa Yang Diharapkan
1.     Disiplin (Discipline)
2.      Tanggung Jawab (Responsibility)
3.     Ketelitian (Carefullness)
4.     Kerjasama (Cooperation)
5.     Toleransi (Tolerance)
6.     Percaya Diri (Confidence)
7.     Keberanian (Bravery)

E.       Materi Ajar (Materi Pokok)
1.      Anggota Keluargaku
2.      Jumlah Keluargaku
3.      Sikap yang baik di dalam Keluargaku
4.      Keragaman Keluargaku

F.       Metode Pembelajaran
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Ceramah, diskusi, tanya jawab, inkuiri, demonstrasi, dan penugasan

G.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·     Mengajak semua siswa berdoa menurut agama da keyakinan masing-masing (untuk mewakili kegiatan pembelajaran).
· Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
· Menginformasikan tema yang akan di belajarkan yaitu tentang “Keluargaku”
10 Menit
Inti
·       Menjiplak/menebalkan huruf atau kata.
·       Menatap huruf atau kata.
·  Menirukan/membaca nyaring kata atau kalimat.
·       Tanya jawab makna kata/kalimat.
·         Menyalin tulisan yang ada di papan tulis.
·    Guru membacakan percakapan mengenai keluargaku lalu siswa diminta untuk menirukan percakapan.
·  Melengkapi soal kalimat yang belum sempurna.
·       Mengurutkan soal cerita dari sebuah gambar.
·  Melalui penjelasan dan pengamatan, siswa dapat bercerita melalui gambar anggota keluarga yang sudah disusun.
·   Menyanyikan lagu “satu-satu aku sayang ibu” dengan perasaan dan percaya diri.
·      Bercerita mengenai kegiatan bersama keluarga dirumah dengan penuh percaya diri didepan kelas secara bergiliran.
·         Berhitung melalui gambar keluargaku yang sudah ditempel.
·       Melengkapi kalimat dengan kata yang sudah disediakan secara acak.
·  Melingkari kata yang tepat dari sebuah pertanyaan.
·     Belajar menulis mengikuti/menjiplak titik-titik.
·         Mengisi susunan kartu huruf sesuai contoh.
·  Menggambar susunan keluarga secara sederhana, lalu dikumpulkan ke guru untuk dipajang di kelas.
·         Menyanyikan lagu sambil mengenal huruf.
·         Melengkapi kalimat yang rumpang.
·  Menghitung gambar anggota keluarga dan menuliskan lambang bilangan sesuai banyak gambar.
·   Membedakan/menunjukkan keragaman didalam keluarga dari beberapa pilihan gambar.
·    Menghitung dan menuliskan lambang bilangan dari gambar anggota keluarga.
·         Melengkapi cerita dengan menggunakan kata yang disediakan.
·     Melakukan pengamatan dan mengelompokkan perilaku yang baik dan tidak baik.
·      Mewarnai gambar keluarga dan dapat mendeskripsikan cerita tersebut di depan kelas.
·         Membaca teks cerita.
·      Memberikan pendapat dan berdiskusi bersama teman-teman.
·       Memahami dan mengerjakan nilai tempat dari soal-soal.
35menit x 30 JP x 4 minggu
Penutup
·    Bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
· Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
·         Melakukan penilaian hasil belajar.
·         Pemberian PR/ Tugas.
·    Mengajak semua siswa berdoa menurut Agama dan keyakinan masing-masing untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
15 Menit

H.      Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik Kelas 1.
2.      Diri Anak
3.      Lingkungan
4.      Media Gambar anggota keluarga dan keragaman didalam keluarga

I.         Penilaian
1.      lembar Pengamatan
No
Nama
Perkembangan *)
KET.
Minggu I
Minggu II
Minggu III
Minggu IV
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Kaira
2
Aji
3
Hasna
4
Vina
5
Rhida
6
Dst
Catatan : guru memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa.

2.      Lembar pengamatan Kegiatan Diskusi
No
Kriteria
Terlihat 
(Ö)
Belum Terlihat (Ö)
1
Keaktifan siswa dalam berdiskusi
2
Kemampuan memberikan contoh-contoh aktivitas yang terkait
3
Kemampuan mengeluarkan pendapat



Mengetahui,                                                                                        Jakarta,....................20.....
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Kelas 1
SDN...........................




(..................................)                                                                        (...................................)
NIP.                                                                                                    NIP.


5 komentar:

  1. Terima kasih atas postinganya. Sukses selalu

    BalasHapus
  2. Terimakasih ka, sangat membantu

    BalasHapus
  3. Terimakasih @karimatululya atas artikelnya sangat membatu saya memahami RPP yg sesuai dengan permendikbud No. 22 Tahun 2016
    Semoga artikelnya bermanfaat bagi yang lainnya juga, untuk lebih memahami bagaimana cara membuat RPP sebagai calon guru

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas artikel yg anda buat. Artikel ini sangat membantu saya dalam memahami pembuatan rencana pembelajaran. Semoga RPP ini bisa menjadi preferensi bagi guru-guru di Indonesia dalam pembuatan RPP 😊

    BalasHapus
  5. Hayy ulya terimaksih atas blogmu tentang rpp ini, sangat membantu

    BalasHapus