Nama : Karimatul Ulya
NIM : 2015820079
Kelas : BSD - 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
..................................
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas
: V (Lima)
Semester
: I (Satu)
Alokasi Waktu
: 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**
1. Memahami pentingnya keutuhan
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi
Dasar
1.1. Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
A. Tujuan
Pembelajaran
§
Siswa dapat mengetahui batas utara,
selatan, timur, dan barat NKRI.
§
Siswa dapat mengetahui luas wilayah NKRI
dengan menyebutkan posisi lintang dan bujurnya.
§
Siswa dapat memahami tujuan penetapan
batas-batas fisik NKRI.
§
Siswa memahami fungsi wilayah darat
NKRI.
§
Siswa memahami fungsi wilayah laut NKRI.
§
Siswa memahami fungsi wilayah udara
NKRI.
v Karakter
siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani (courage ), Integritas (integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan
Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
§ - Batas wilayah NKRI, luas wilayah NKRI, posisi lintang
dan bujurnya, serta tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§ - Fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ - Pendekatan Kontekstual.
§ -Pendekatan Cooperative
Learning.
§ -Diskusi dengan teman sebangku.
§ -Tanya jawab.
§ -Ceramah.
§ -Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
§ Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi,
apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
- Guru dan siswa bertanya jawab tentang fungsi peta
dunia.
§ Kegiatan Inti
&Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
FGuru
menyiapkan sebuah peta dunia yang besar dan dapat dilihat oleh semua siswa.
FGuru
menjelaskan batas-batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI, sementara itu
siswa menyimaknya.
&Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
FGuru
menunjuk batas-batas tersebut pada peta secara acak dan berulang-ulang, dan
siswa menebaknya dengan cepat.
FGuru
menyiapkan kelas diskusi.
FSiswa
berdiskusi tentang tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI dengan panduan guru.
FSiswa
menceritakan hasil diskusi secara bergiliran
&Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
FGuru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
FGuru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
- Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang
telah dipelajari.
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
Kedua
§ Kegiatan Awal
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama presensi, apersepsi
dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
- Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman
bepergian ke pegunungan, laut, dan pengalaman naik pesawat terbang.
§ Kegiatan Inti
&Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
FGuru
dan siswa bertanya jawab secara general tentang fungsi wilayah darat, laut, dan
udara NKRI.
&Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
FGuru
membagi jumlah siswa di kelas dalam 3 kelompok atau kelipatannya.
FGuru
mengundi topik darat, laut, atau udara untuk semua kelompok.
FSiswa
berdiskusi tentang topik yang mereka dapatkan.
FSiswa
melaporkan hasil dikusi secara lisan di depan teman-teman.
FTeman-teman
dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.
&Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Fmemberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
Fmemberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
Fmemfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
Fmemfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
Fbersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
Fmelakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
Fmemberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Fmerencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Fmenyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ - Peta dunia.
§ - Gambar/foto tempat-tempat indah di Indonesia yang
menunjukkan pemandangan darat, laut, dan udara.
§ - Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan
pengertian NKRI
§ Menyebutkan
dasar hukum NKRI.
§ Menjelaskan
satuan daerah otonom dalam NKRI.
§ Menjelaskan
tentang hubungan luar negeri yang dilakukan NKRI
§ Menjelaskan
fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya terhadap NKRI.
§ Menunjukkan
sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau
perairan yang menjadi batas NKRI.
§ Menyebutkan
posisi lintang dan bujur NKRI.
§ Memahami
tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§ Menjelaskan
fungsi wilayah daratan NKRI.
§ Menjelaskan
fungsi wilayah laut NKRI.
§ Menjelaskan
fungsi wilayah udara NKRI.
|
§ Diskusikelompok
§ Diskusikelompok
|
§ Penilaian
lisan.
§ Penilaian
sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian
unjuk kerja (hasil diskusi).
§ Penilaian
lisan.
§ Penilaian
sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian
unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).
|
§ NKRI
adalah ....
§ Indonesia
merupakan negara berbentuk ....
§ Satuan
daerah otonom dalam NKRI misalnya ....
§ Indonesia
memiliki bentuk negara kesatuan karena ....
§ NKRI
perlu mengadakan Pemilihan Umum untuk ....
§ Batas
utara NKRI adalah ....
§ Batas
selatan NKRI adalah ....
§ Batas
barat NKRI adalah ....
§ Batas
timur NKRI adalah ....
§ Indonesia
terletak di ... derajat ...
§ sampai
... derajat ..., dan ... derajat ...
§ sampai
... derajat ....
§ Fungsi
wilayah daratan NKRI adalah ....
§ Fungsi
wilayah laut NKRI adalah ....
§ Fungsi
wilayah udara NKRI adalah ....
§ Zona
Ekonomi Eksklusif adalah....
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor :
jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang
tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah
Guru Mapel PKN.
.................................. ..................................
NIP
:
NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar