Rabu, 22 Maret 2017

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. Tugas Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Judul Sekolah Idamanku

Nama                  : Karimatul Ulya
NIM                     : 2015820079
Kelas                  : BSD 4

Salah satu cita-cita saya selain menjadi seorang guru sekolah dasar ialah memiliki sekolah sendiri. Sekolah yang akan saya bangun berupa indoor dan outdoor, jadi didalam lingkungan sekolah terdapat banyak ruangan-ruangan outdoor seperti taman belajar yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar yang dilengkapi dengan media belajar yang canggih. Di sekolah ini juga terdapat taman bermain serta ada masjid yang akan digunakan untuk shalat berjama’ah setiap waktu shalat.
Selanjutnya, dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dimulai hari senin sampai jum’at, hari senin sampai kamis dimulai pukul 08.00 dan diakhiri pukul 15.00 sedangkan hari jum’at dimulai pukul 08.00 dan diakhiri pukul 13.00. Alasan saya membuat jadwal seperti ini adalah agar anak-anak mendapatkan ilmu-ilmu yang lebih banyak dan bermanfaat. Pembelajaran dilakukan tidak hanya didalam kelas seperti biasanya, tetapi dalam satu minggu guru harus mengadakan pembelajaran di taman belajar, gunanya ialah agar siswa tidak bosan dalam belajar.
Kemudian, pelajaran yang diajarkan merupakan pelajaran-pelajaran dasar seperti yang ada di sekolah dasar saat ini dan peajaran agama seperti fikih, aqidah akhlak, dan lain-lain. Namun, yang menarik dari sekolah ini ialah setiap hari siswa diwajibkan menyetorkan satu ayat al-qur’an dimulai dari surat al-fatihah sampai an-nas kepada guru kelas mereka masing-masing dan setiap sudah ingin berganti surat, siswa diwajibkan menyetorkan satu surat sebelumnya. Ini bertujuan agar siswa mampu mengenal,membaca, dan melafalkan ayat-ayat al-qur’an, serta menambah keimanan dan ketaqwaan siswa.
Waktu istirahat disekolah ini terbagi menjadi dua yaitu jam 09.30 untuk melaksanakan shalat dhuha dan jam 12.00 untuk shalat dzhuhur dan makan siang. Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan pada hari jum’at, jadi kegiatan belajar mengajar dilakukan hanya sampai hari kamis agar siswa tidak jenuh. Seragam sekolah dan Furniture di sekolah ini pun saya yang akan mendesainnya sesuai keinginan saya agar siswa nyaman dalam belajar. Setiap satu tahun sekali sekolah ini akan mengadakan studytour ke sekolah lain atau ke suatu tempat, agar siswa mampu mengetahui pembelajaran di sekolah atau tempat lain.
Saya menginginkan sekolah ini dapat membantu seluruh anak-anak Indonesia yang kesulitan dalam faktor ekonomi. Walaupun sekolah ini dilengkapi dengan media canggih, kelas outdoor, dan kegiatan lainnya, tetapi sekolah ini tidak hanya untuk anak-anak kalangan menengah keatas. Ini bertujuan agar siswa dalam bersosialisasi disekolah tidak mendiskriminasikan kedudukan seseorang berdasarkan tingkat ekonomi.
Lalu, guru-guru kelas yang ada di sekolah ini diwajibkan mengetahui kepribadian masing-masing siswanya, agar dalam pelaksanaan belajar mengajar guru lebih paham karakter siswa yang diajarkannya. Selain itu, orangtua atau wali murid dari siswa yang memiliki kesulitan ekonomi diperbolehkan membuka usaha kantin sekolah dengan dimodalkan oleh sekolah. Tujuannya adalah agar orangtua tersebut merasa bertanggung jawab terhadap sekolah anaknya, menambah ekonomi keluarga dan agar tidak bekerja di jalanan lagi seperti pemulung dan buruh cuci.

 Mungkin sampai disini saja penjabaran saya mengenai sekolah yang saya impikan, semoga dapat terwujud, Aamiin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar